Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Hepatitis

hepatitis
cara mengobati hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati. Dalam hati terjadi peradangan yang disebabkan oleh toxin. Perlu diwaspadai adanya gejala penyakit ini karena ada beberapa jenis hepatitis yaitu hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C maka penyebab dan gejalanya pun berbeda-beda. Semua jenis hepatitis itu bermasuk berbahaya jadi apabila Anda mengalami gejala yang akan disebutkan dibawah ini, Anda perlu waspada dan segeralah periksa.

Hepatitis A

Hepatitis A ditandai dengan menguningnya warna putih di mata, urine berubah warna menjadi coklat menyerupai minuman cola. Gejala yang lain yaitu terasa sakit pada perut sebelah kanan, timbul demam secara terus menerus, muntah-muntah, pusing, merasa cepat lelah dan kurang bergairah kerja serta badan menjadi cepat kurus karena nafsu makan berkurang. Penyebabnya adalah virus hepatitis a. Virus ini dapat menular melalui makanan yang diolah oleh penderita Herpatitis A yang tidak memperhatikan kebersihan, terutama saat selesai buang air besar.

Hepatitis B

Hepatitis B kronis mempunyai gejala mata kuning, perut mulai membesar, badan mudah merasa lemas, mata kuning dan terjadi pembengkakan pada kaki. Kehadiran virus hepatitis B tidak bisa dirasakan penderitanya meskipun telah bersemayam di hati selama bertahun-tahun. Untuk mendeteksi adanya virus hepatitis B bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium dan melakukan pengobatan secara rutin. Disamping itu juga Anda dapat melakukan terapi penyembuhan hepatitis untuk hasil lebih maksimal.

Penyebabnya adalah autoimmune hepatitis yaitu kondisi imun tubuh yang menyerang hati dan menyebabkan radang hati. Toxic hepatitis merupakan penyebab hepatitis B karena kerusakan sel-sel pada hati yang disebabkan oleh bahan kimia beracun, sering mengkonsumsi makanan instant dan makanan yang mengandung racun serta obat keras dengan efek samping mencedererai hati.

Hepatitis C

Hepatitis C disebabkan oleh virus Hepatitis C yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui daging yang diolah setengah matang, pola hidup tidak teratur seperti makan tidak teratur dan kurang istirahat. Tidak hanya itu saja penyebab penyakit Hepatitis C ini juga karena seringnya mengkonsumsi junk food yang berlebih, dan tertular oleh penderita Hepatitis C.

Gejala penyakit Hepatitis C yaitu mudah lelah dibanding orang pada umumnya, kehilangan nafsu makan dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus sehingga menyebabkan penderita kurang cairan, rasa sakit di perut, mata menguning dan urine berubah warna menjadi pekat. Untuk memastikan Anda bisa melakukan cek di laboratorium dan melakukan terapi penyembuhan hepatitis.

Itulah beberapa penyebab dan gejala penyakit hepatitis yang perlu Anda ketahui. Jika Anda merasakan gejala diatas segeralah periksa ke dokter atau melakukan terapi penyembuhan hepatitis untuk mencegah penyakit tersebut menjadi semakin parah. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Bergaya hidup sehat, cukup istorahat dan mendapat makanan yang sehat serta mulai berolahraga akan membuat hidup lebih berkualitas dan terhindar dari berbagai penyakit.