Inilah Cara Mudah Membedakan Batu Cincin Asli Atau Palsu

Bagi Anda pecinta batuan cincin sudah pasti tak ingin rugi bila membeli batuan permata, apalagi di jaman srkarang ini marak sekali metode dan cara pemolesan batu biasa menggunakan bahan kimia hingga begitu sulit membedakan jenis batu mana yang asli dengan batuan permata yang berbahan dasar kaca. Dibawa ini akan saya beri tahu trik atau cara mudah membedakan batu cincin asli atau palsu. Cara ini telah diterapkan dalam menguji keaslian batu alam :

Membedakan Batu Cincin Asli Atau Palsu                                                                         

Ciri ciri Batu Cincin Asli

  • Bila Batu didekatkan pada pipi terasa dingin, itu merupakan batuan asli.
  • Jika batu cincin asli di sulut dengan api putung rokok atau di bakar dengan koreka api tidak akan terjadi perubahan warna hangus atau titik meleleh.
  • Bila batu tersebut di bakar dalam keadaan lama berubah warna kecoklatan dan saat di usap warna coklat tersebut hilang, maka dipastikan bahwa itu batu asli.
  • Jika batu cincin dibakar batu akan panas dan cepat kembali dingin. Berbeda dengan batuan yang berbahan kimia plastic atau kaca aspal yang akan cukup lama menyimpan panas.
  • Perhatikan serat di dalamnya dengan cara menerawang. Bila asli serat pada batu akan Nampak seperti retak-retak.
  • Konsultasikan dengan ahli batu permata atau mengujinya pada laboratorium guna menguji kandungan batu tersebut.

Ciri ciri Batu Plastik Sintetik

  • Batu plastik sintetik tampak bening seperti kaca dan tidak terlihat serat-serat alami di dalamnya.
  • Batu palsu akan lebih ringan untuk batu dengan ukuran yang sama.
  • Akan terjadi perubahan bila Anda membakarnya.
  • Batu palsu akan tergores dan lecet bila terjatuh atau digesekkan dengan benda keras.

Nah itulah perbedaan batuan asli dan palsu. Sebagai kolektor batu cincin mustika jangan sampai Anda terkecoh membeli batuan permata namun ternyata yang Anda beli itu palsu. Mari kita pahami Hakikat Tentang Pemakaian Batu Cincin Mustika.

Sebagai seorang muslim kita mesti meletakkan 100% keyakinan kita kepada Allah. Tidak ada sesuatu pun yang dapat mendatangkan kebaikan kecuali dengan izin Allah dan tiada satupun yang bisa membawa mudharat melainkan dengan izin Allah juga. Kelebihan padanya dengan izin Allah tidak salah, akan tetapi mestilah benar-benar sungguh dipahami dan yakin akan hakikat penggunaan pemakainya.

Batuan atau kayu atua apa saja yang istimewa merupakan anugerah Allah yang sesungguhnya tidak sia-sia penciptaannya, seperti garam yang bersifat asin. Begitu juga dengan batuan istimewa dengan sifat dan wujudnya yang beraneka ragam juga mempunyai manfaat besar dalam kehidupan kita. Hanya pakar atau orang yang mempunyai ilmu lebih yang dapat mengambil manfaat dari batuan tersebut sehingga kita pemakainya dapat dengan mudah mendapatkan manfaat dari batu cincin yang kita pakai tanpa harus melakukan sesuatu yang menyulitkan.

Adanya kelebihan dan keistimewaan dengan sifat yang ada pada batuan tersebut atas izin Allah. Semoga Anda semua mendapatkan pemahaman yang bermanfaat tentang hakikat pemakaian batu cincin mustika atau batu cincin permata.