Gejala Penyakit Jantung Koroner Dan Penyembuhannya

gejala jantung koronerSeorang mengalami penyakit jantung koroner jika aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak dalam arteri jantung ini dikenal dengan istilah aterosklerosis yang merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya thrombosis atau penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini memblokir suplai darah ke jantung. Dan jika ini terjadi, aliran darah ke jantung terblokir sepenuhnya dan serangan jantung pun terjadi. Faktor pemicu aterosklerosis meliuti kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes dan tekanan darah tinggi. Jadi orang yang menderita agina lebih rentan terkena penyakit jantung.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Yaitu :

  • Pola Hidup yang Buruk
  • Kebiasaan Merokok
  • Kadar Kolesterol Tinggi
  • Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi
  • Penyakit Diabetes
  • Obesitas atau Kelebihan Berat Badan
  • Faktor Usia
  • Jenis Kelamin
  • Riwayat Kesehatan Keluarga

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Jika Anda mempunyai riwayat keluarga yang mengidap penyakit jantung koroner sebaiknya lebih berhati-hati dalam menjaga pola hidup sehat dan menjaga pola makan agar tidak terjadi diabetes, hipertensi maupun kelebihan berat badan. Karena jika Anda tidak menjaga pola hidup Anda maka resiko terkena penyakit jantung koroner lebih tinggi. Mulai sekarang beralih ke pola hidup sehat untuk menghindari penyakit jantung koroner.

Jenis-jenis dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terbagi ke dalam dua jenis yang dikategorikan berdasarkan tingkat penghambatan aliran darah. Yaitu angina (angin duduk) dan serangan jantung.

Penyakit jantung yang tidak ditangani akan mengakibatkan komplikasi mematikan. Saat jantung tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah untuk memompa darah, kinerja jantung akan menurun. Kondisi ini yang sering disebut dengan gagal jantung. Komplikasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap. Gagal jantung yang banyak menyebabkan kematian penderitanya.

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner dapat dicegah. Terdapat beberapa langkah pencegahan yang sederhana untuk menghindari penyakit jantung koroner. Berikut adalah beberapa langkah pencegahan sederhana yang dapat Anda lakukan :

  • Berhent merokok
  • Menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan berolahraga secara teratur (minimal 2-3 jam seminggu) dan menjaga pola makan seperti lebih banyak mengkonsumsi buah, sayuran dan mengurangi makanan bersantan.
  • Menjaga berat badan
  • Mengurangi konsumsi inuman keras
  • Mengendalikan tekanan darah tinggi, misalnya mengkonsumsi makanan rendah garam dan obat anti-hipertensi secara teratur
  • Menjaga kadar kolesterol, terutama untuk orang yang berusia diatas 40 tahun. Langkah ini dapat dilakukan dengan menghindari makanan berlemak seperti rending, opor ayam atau gorengan dan makanan berlemak lainnya.
  • Mengendalikan kadar gula darah, misalnya membatasi makanan manis dan mengontrol perkembangan diabetes.

Untuk pengidap angina tindakan pencegahan juga perlu dilakukan demi menghindari serangan jantung serta komplikasi. Karena itu mereka dianjurkan untuk teratur minum obat sesuai dosis yang diberikan dokter. Penyembuhan yang paling sering dilakukan yaitu dengan melakukan terapi.

Terapi merupakan sarana alternatif yang telah banyak dilakukan banyak pasien penderita jantung koroner. Dengan rutin melakukan terapi penyembuhan jantung koroner maka penyakit jantung koroner akan mudah teratasi dan tidak akan kambuh. Namun juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga secara teratur. Dan menghindari makanan berlemak.

Demikian gejala penyakit jantung koroner dan penyembuhannya. Melalui terapi penyembuhan jantung koroner dengan energi tenaga dalam maka Anda akan sembuh dari penyakit mematikan ini. Ubah gaya hidup Anda mulai sekarang dan sayangi jantung Anda.