Apa Itu Penyakit Jantung Koroner

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh. Organ berukuran sebesar kepalan tangan ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Penyakit jantung yang juga dikenal dengan istilah penyakit jantung iskemik ini merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di indonesia. Sekitar 37 persen kematian di indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

Menurut Federasi Jantung Dunia, Pada tahun 2014 angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus.

penyakit jantung koroner

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Seorang mengalami penyakit jantung koroner jika aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak dalam arteri jantung ini dikenal dengan istilah aterosklerosis yang merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya thrombosis atau penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini memblokir suplai darah ke jantung. Dan jika ini terjadi, aliran darah ke jantung terblokir sepenuhnya dan serangan jantung pun terjadi. Faktor pemicu aterosklerosis meliuti kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes dan tekanan darah tinggi. Jadi orang yang menderita agina lebih rentan terkena penyakit jantung.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Yaitu :

  • Pola Hidup yang Buruk
  • Kebiasaan Merokok
  • Kadar Kolesterol Tinggi
  • Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi
  • Penyakit Diabetes
  • Obesitas atau Kelebihan Berat Badan
  • Faktor Usia
  • Jenis Kelamin
  • Riwayat Kesehatan Keluarga

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Jika Anda mempunyai riwayat keluarga yang mengidap penyakit jantung koroner sebaiknya lebih berhati-hati dalam menjaga pola hidup sehat dan menjaga pola makan agar tidak terjadi diabetes, hipertensi maupun kelebihan berat badan. Karena jika Anda tidak menjaga pola hidup Anda maka resiko terkena penyakit jantung koroner lebih tinggi. Mulai sekarang beralih ke pola hidup sehat untuk menghindari penyakit jantung koroner.

Jenis-jenis dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terbagi ke dalam dua jenis yang dikategorikan berdasarkan tingkat penghambatan aliran darah. Yaitu angina (angin duduk) dan serangan jantung.

Penyakit jantung yang tidak ditangani akan mengakibatkan komplikasi mematikan. Saat jantung tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah untuk memompa darah, kinerja jantung akan menurun. Kondisi ini yang sering disebut dengan gagal jantung. Komplikasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap. Gagal jantung yang banyak menyebabkan kematian penderitanya.

Langkah Pengobatan Untuk Penyakit Jantung Koroner

Jika Anda mengidap penyakit jantung koroner. Anda sangat dianjurkan untuk mengubah polqa hidup Anda seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, minum obat secara teratur sesuai petunjuk dokter dan melakukan terapi penyembuhan jantung koroner dengan energi tenaga dalam. Tujuan dalam pengobatan dan oenyembuhan penyakit jantung adalah untuk mengendalikan gejala dan menurunkan resiko munculnya serangan fatal bahkan kematian yang disebabkan serangan jantung.

Dengan terapi tenaga dalam akan membantu Anda dalam penyembuhan penyakit jantung koroner. Melalui olah pernapasan dan memperbanyak porsi olahraga Anda bisa mengikuti layanan penyembuhan tenaga dalam. Terapi penyembuhan ini efektif untuk penderita penyakit jantung koroner karena dengan rutin melakukan terapi penyembuhan ini Anda akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan KLIK DISINI.